Monday, May 28, 2007

Sunyoto Onggo Hartono….Anda kenal ?

Anda kenal atau kah tahu dengan orang ini? Atau paling enggak pernah denger….
Yang pasti dia adalah salah satu the have nya Kota Yogyakarta

Sebelumnya saya tidak kenal siapa nama orang ini…..
Tidak di sengaja, obrolan kami di pesawat dari Cengkareng menuju Jogja cukup seru dan santai. Seorang Ibu cantik, berada di sebelahku,..

Sebelumnya ibu ini sudah aku lihat di tempat check in, kayaknya dia mengajukan penerbangannya yang seharusnya beberapa jam kemudian di belakang penerbangan ini.

Tidak menyangka ibu yang cantik itu satu nomor denganku, standar ku tanya, dari mana mau kemana kepada ibu yang berumur sekitar 50 tahunan, namun masih keliatan cantiknya. Kemudian dia bilang kalo akan pulang ke Jogja.
Ramah sekali Ibu ini, kemudian dia bercerita kalo dia abis dari dokter gigi, abis implant gigi dia,..Ehm implant gigi ? kataku dalam hati, Aku terheran…karena di Jakarta masih terbatas dokter yang spesialis implant gigi, Lalu tersebutlah drg.Hendra Hidayat…..lagi-lagi Woww…kupikir nggak salah ni orang ?? Yang ku tauw, dokter Hendra tuh, emang spesialis banget untuk implant gigi, yaitu memasang gigi palsu dengan cara di tanam, pasien dokter Hendra juga tidak hanya dalam negeri, tapi sudah sekelas luar negeri, seperti Perancis, AS, dan Singapore.Dokter Hendra adalah ayah dari Marissa dan Estelita hidayat, owner Voxa Adv.

Karena ini bukan orang sekelas cere, enggak mungkin lah saya tanya ke Ibu ini, “Kerja dimana,Bu ?”, Lha wong orangnya itu kalo diliat yo enggak mungkin banget, karena keliatan tajirnya. lalu kutanya “punya bisnis apaan Bu?”, kemudian dia bilang dia dan suaminya adalah kontraktor bangunan, dulu, kantornya dan rumah tinggalnya di belakang Ibis, tapi sekarang pindah ke Jalan Wates, yang di malioboro sebagai kantor saja. Rumah saya tidak jauh dari Soto Kadipiro.

Lalu dia mempersilakan saya untuk mencicipi BreadTalk yang semalam dia beli,”ternyata BreadTalk murah ya, kalo sudah jam 9 keatas, Saya beli 6 cuman 20,000,” katanya- Lha iya, daripada gak kemakan mending di jual murah, saya timpali begitu.

Dia juga bercerita bahwa selama di Jakarta ini dia tinggal di tempat anaknya. Selama di Jakarta saya kok heran ternyata masih ada makanan murah, katanya. Saya tanya, emang dimana bu ? dia bilang kalo di bawah tempat tinggal anaknya ada orang jualan makanan sehari-hari murah banget, Saya tanya ke Ibu apa menunya ? dan itu memang murah ternyata kalo mendengar menu yang dia makan.

Lalu saya tanya lagi ke Ibu itu, emang anaknya tinggal dimana ? Dia bilang di Apartemen di bilangan Thamrin-Sudirman, tinggal jalan kalo mau ke Plaza Indonesia……Fiuhhh …lemes aku dengernya.
Ibu ini memang sedang tidak bercanda ternyata.
Lalu dia menceritakan tentang anak-anaknya. Anaknya ada tiga orang, satu di Amrik, satu di Singapore dan yang terakhir yaitu di Jakarta. Dari SMP dulu anak-anak saya sudah sekolah di Singapore, Applaus besar untuk Ibu yang satu ini.kataku dalam hati.

Dua anak saya yang laki-laki sudah berkeluarga, cuman satu yang belum, yang bungsu. Sejak kecil dia di Singapore, lalu ngelanjutin ke Swiss dan Canada di jurusan perhotelan. Sekarang malah maunya di Jakarta, enggak mau tinggal di Jogja lagi.
Kemudian dia bertanya kepadaku “Ada kenalan di perhotelan ato tidak ya Mas?” Saya bilang “Ehhhh….Ada Bu tapi tidak banyak, ada apa emangnya ?”. Anak saya itu maunya di perhotelan, mau mengaplikasikan ilmunya, tapi sampai sekarang belum diterima, malah kerja di sebuah perushaan Motor multi”, Aku terkaget-kaget di cerita ini…..
Aku jadi bersyukur banget sama Allah, Alhamdulillah banget diriku…Terimakasih ya Allah…batinku.

“Mbok kalo ada saya minta tolong, tolong carikan lowongan buat anak saya, bagian apa saja juga mau, resepsionis, ataupun guide room juga tidak apa-apa “ katanya…”yang penting di hotel”.begitu lanjutnya.

Kutanya, anaknya itu cowo ataukah cewe Bu,..dia bilang cewe…umur 27 tahun begitu lanjutnya… …- Pesawat sudah diatas Cilacap, dari jendela kulihat Tanker di lautan serta drum-drum putih super gede,
Kemudian obrolan kita menuju tempat-tempat sekitar Jogja yang sudah enggak njawani,sudah macet, panas, dan lain-lain. dia ngasih taw kalo cari tiket yang murah itu di pojokan Pingit itu Mas, bilang saja temennya Bu Tanti, pasti entar dicariin yang murah.

Sebelum landing di Yogya, dia memberi ku kartu nama “Ini kartu nama suami saya, kalo nama saya Tanti, ini nomor Hanpone saya, kalo ada info tolong kasih kabar saya”.

PT.Waringin Mas Sejahtera
Sunyoto Onggo Hartono.

Jl.Wates 39xx Yogyakarta
Phone : 0274-618xxx


Beberapa bulan setelah itu aku liat di majalah SWA, profil jagoan-jagoan pendiri Pusat Belanja dan Mall Baru di Yogya & Solo….

Tjia Edi Susanto  Ambarukmo Plaza
Sunyoto Onggo Hartono  Saphir Plaza

Pantessss……


Calon orang super kaya memang di kelilingi orang-orang kaya…..
InsyaAllah….Bismillah…

1 comment:

Anonymous said...

inspiratif mas,,
majalah swa nya edisi kapan mas?
jadi penasaran pengen baca juga