Monday, May 28, 2007

Relationship

If you dont take the game seriously, it is no fun, but when you take it too seriously, it will break your heart

Begitulah sebuah pepatah alam permainan golf. Jika emosi kita terlalu terkait dengan permainan ini, maka akan sering terjadi hal-hal yang menyakitkan hati. Sebaliknya tanpa menjiwai permainan golf maka kita tidak merasakan fun yang dapat mengangkat spirit jiwa kita.
Hubungan antar manusia, baik keluarga, family, kawan, kerabat, klien, calon customer dan dimanapun merupakan sumber kebahagiaan sekaligus sumber frustasi, pleasure and pain. Terkadang kita tidak habis pikir bagaimana berkomunikasi di rumah,di kantor, ataupun dengan klien, karena seringnya terjadi konflik, baik dengan teman, sahabat, orang tua maupun rekan . Ucapan-ucapan seperti ini kerapkali terdengar :
Ibu Santi orangnya susah, maunya menang sendiri dan tidak bisa bekerja sama

Mr. BT itu selalu bikin orang merasa takut dan di bawah tekanan Tidak menghargai usaha dan sukar percaya Kerja jadi tidak nyaman
.
Saya pulang terus dinner sama orang... HP ketinggalan di mobil. Kok kamu nggak percaya nelpon missed call sampai 21 kali...


Sebaliknya, di luar sana selalu saja ada orang yang terlihat selalu ceria, bisa berkomunikasi dengan siapapun, baik di kantor, di pesta ataupun di rumah tangganya. Semua karyawan yang bekerja di departemennya dapat merasakan aura positif dan gembira, juga para sahabat, bahkan orang yang baru kenal. Saya percaya bahwa individu-individu yang memiliki beautiful mind, dimana orang tidak hanya merasakan keberadaannya secara fisik (ganteng, cantik), tapi juga dikenal berhati baik dan bersahabat itu bukan sekedar keberuntungan atau bawaan dari lahir, namun bisa dipelajari.

Kunci bahwa memikirkan orang lain di luar diri kita, yang nantinya akan menjadi sahabat kita, tidak hanya acquaintance atau sekedar kenal, tapi sebagai friend- teman dan sahabat. Bagaimana kita merefleksikan bahwa hubungan antar manusia merupakan echo of life, selalu kembali kepada kita seperti yang kita berikan kepada orang lain. Saya percaya dengan hukum kekekalan energi : Energi yang dikeluarkan sama dengan energi yang diterima,..Dimanapun kita berada, akan menjadi bersinar, bloom where you are planted, dan sinar yang paling indah didapat apabila kita bersinar bersama para sahabat kita.

Jakarta, Desember 06

No comments: