Monday, May 28, 2007

Hari Kartini

Kemarin, 21 April adalah Hari Kartini. Kartini adalah salah satu pejuang wanita dalam bidang pendidikan dan hak asasi wanita di Indonesia. Tokoh pejuang emansipasi wanita, begitu konon katanya. 21 April sebenarnya adalah tanggal lahir beliau di Jepara. Terlahir dari keluarga berada yaitu Bupati Jepara, maka kartini pun bisa mengenyam kehidupan dan pendidikan yang lebih dibanding yang lain waktu itu. Lebih jelasnya pasti sudah pada tahu di pelajaran sejarah dulu..

Waktu saya sekolah menengah pertama dan atas, Yang saya sering ingat kalo hari Kartini adalah beberapa hari sebelumnya ada pengumuman dari sekolah untuk mengenakan busana khusus, busana daerah pada khususnya.

Kalo saya sendiri yang agak mbalelo ini, pasti tidak mungkin buener-bener pake baju adat Jawa, yang harus pake sorjan, dan blangkon, Biasane saya pake pakaian adat daerah “antah berantah”, pake celana panjang, baju lengan panjang dan sarung dilipat setengah terus pake peci. Udah beress…Temen saya waktu smp yang orangtuanya dari madura malah pake khas madura, celana gombrong, baju garis-garis merah putih dan penutup kepala, maksudnya biar kayak warok madura, eh..malah mirip tukang sate, hehehee…Ada temen yang malah kayak embok-embok di pasar, yang pasti kita semua menahan geli..Huahahaahaa.

Pada hari H, paginya Upacara dulu, lalu biasanya tidak ada pelajaran, Ini yang paling menyedihkan, karena saya termasuk anak yang rajin belajar, rasanya sayang sekali kalo tidak ada kegiatan KBM, otak rasanya kosong, seandainya banyak orang seperti saya ini, wahhh ndak terbayangkan, akan semaju apa negeri kita. Sayang sekali, itu tak bertahan lama.

Biasanya setelah upacara lalu dilanjutkan berbagai acara, seperti Lomba Pidato,merangkai bunga, memasang dasi, dan yang paling utama adalah memasaakkk, yang merupakan salah satu hobbi saya.

Waktu smp, saya enggak mau kalo dapet jatah bawa alat-alat yang “memalukan”, kayak wajan, kompor dll, karena sekelompok terdiri dari 5 orang ,biasane saya akan minta jatah bawa piso. Pas sma, kayaknya per kelas, jadi kebagian makannya aja. Menunya juga itu-itu aja, Nasi Goreng ++ ato kalo enggak Bakmi Goreng ++. Pernah plus-plusnya ..minyak tanah juga lho..

Yang paling menggelikan adalah pidato temen SMA saya dengan menggunakan bahasa inggris si Yusman, dia tinggal di kotagede, sebuah tempat legendaris di Jogjakarta. Ehh..dia inggrisin jadi I live at BigCity…
Wis, pokoknya Hari Kartini itu menyenangkan, Sungguh….

No comments: