Thursday, May 1, 2008

Keutamaan Salam

“Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik. Sesunggungnya Allah memperhitungkan segala sesuatu. “ (An Nisa 86)

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, dan berilah makan dan sambunglah tali kekerabatan, serta shalatlah ketika manusia sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (H.R Turmudzi)

Dari Abdullah Ibn Amr Ibn Al Ash, “sesungguhnya ada seseorang bertanya kepada Rasulullah, “amalan yang bagaimanakah yang paling baik dalam Islam?” Beliau menjawab “Engkau member makan dan mengucapkan salam kepada orang yang kau kenal maupun yang tidak kamu kenal” (H.R Bukhari-Muslim)

Beberapa waktu yang lalu saya membaca Tarjamah Riyadhus Shalihin bab Kitab Salam. Ternyata banyak sekali hadist-hadist Rasulullah yang menganjurkan menebarkan salam dan keutamaan-keutamaannya.

Memang, dalam beberapa hal kita kaum muslimin sudah menerapkannya, terutama dalam menerima Telp Pribadi. Namun saya rasa kok ini hanya untuk pantes-pantesan aja, belum sepenuhnya dipahami, tetep saja masih jarang sekali orang yang dalam aplikasi kehidupan sehari-harinya melakukan ini.

Bagi para pengguna Short Message Service, masih bisa dihitung dengan jari, orang-orang yang melakukan ini, serta bagi para pengguna Messanger seperti layanan chatting, dll. Bahkan malah ucapan salam dari lawan bicara tidak dijawab. Wallahualam.

Udahlah, tak usah banyak protes, yang penting mulai dari diri sendiri. Seperti kata Aa Gym.

Mari lebih giat sebarkan salam..

No comments: