Wednesday, July 4, 2007

NKoTB – New Kid on The Blog..

Kebanyakan kita tentu telah mengenal istilah blog atau weblog, yang singkatnya merupakan situs dokumen pribadi. Kini siapapun bisa memanfaatkannya, hanya dengan beberapa langkah, kurang dari 5 menit kita akan bisa membuatnya, tanpa registrasi dan formalitas lainnya. Semua orang bisa… everyone can make weblog

“Hahaha…gara-gara ****** akhirnya sampeyan bikin blog “ begitu komentar seorang sahabat saya. Betul, saya akhirnya bikin blog. Sekedar menampung tulisan-tulisan yang ada di laptop saya, daripada hilang seperti beberapa waktu yang lalu. Saya cuman khawatir dari dulu kalo dianggap saya nge blog termasuk para blogger kebanyakan yang krisis eksistensi, butuh pengakuan diri, bahkan lebih dari itu butuh perhatian.

Tujuan orang membuat blog cenderung untuk sarana apresiasi pemikiran yang bersifat personal ke publik. Ini tentu agak berbeda dengan situs-situs dotcom sebagai sarana publikasi perusahaan atau organisasi. Ataupun kalo tidak ya untuk beberapa kalangan artis dan pemimpin parpol, sementara blog dipake oleh orang kebanyakan.

Mungkin selama ini blog kurang banyak diminati orang. “ Ngapain baca tulisan orang palagi yang gak kita kenal“ begitu komentar temen saya. Tanggapan sinis seperti itu saya kira wajar, karena sebelumnya dan kebanyakan isinya tak labih hanya iseng atau bualan belaka. Gak ada isi yang bisa diambil hikmah, gak ada contentnya, seperti :

“Pagi ini kamar gue di cat lagi, semua berantakan, ada yang mo ngebantuin ?…..” ,
“Sore kemarin seabis pulang kerja suntuuuk banget, akhirnya kita jalan ke Plasa Indonesia, makan di Wien KV terus cari karaokean…”
“ Hari ini aku kangen sama cintaku yang lagi kuliah di Aussie, sudah 5 bulan gak ketemu…”


Eitsss.., buat apa kita baca catatan pribadi kayak gini ?


Mayoritas isi blog yang sebelumnya kita kenal memang bukanlah hal-hal yang penting kita baca. Menurut saya pribadi, kebanyakan blogger adalah pribadi yang haus popularitas, atau mereka yang butuh pengakuan diri di ruang public. Tak mengherankan blog akhirnya jadi ruang curhat yang monolog.

Kalo kita lihat saat ini fenomena-fenomena seperti itu bukanlah tujuan blog. Fasilitas blog sebenarnya multifungsi, bisa untuk apresiasi ide ilmiah, kursus pengetahuan, pemasaran, bisnis dan lain-lain yang bermanfaat. Sayangnya, awal mula blog sebagai sarana bualan membuat pemakai yang lain mengikuti pendahulunya.

Fenomena sekarang sudah agak mulai berubah, ya masihlah ada orang yang haus perhatian dan popularitas, namun fenomena sekarang yang muncul adalah banyak orang yang memanfaatkan blog untuk hal-hal yang positif tentang makroekonomi, politik, pendidikan, pengalaman kerja, pemasaran dan lain sebagainya.

Mulai banyaknya orang di Amrik dan Europe tertarik membaca blog saat ini tidak lain dan tidak bukan karena blog bukan sekedar lagi bualan konyol orang haus popularitas, namun sudah, bisa menemukan blog yang berisi tulisan-tulisan bermutu, seperti artikel ilmiah, catatan perjalanan, analisis saham dan ekonomi, bahkan politik, sehingga dengan membaca blog minimal kita mendapatkan informasi.

Blog memang bersifat personal, Namun jika dimanfaatkan sebaik mungkin akan menjadi suatu media alternative.

Blog akan benar-benar dilirik dan menarik bagi mata orang ketika kita bener-bener menulis ide secara baik, kreatif, informative dan pembaca mendapatkan sesuatu setelah membaca blog tersebut.

Jadi bukan sekedar membual …..
“ Sabtu malem gue dan temen-temen ketemuan di Citos, sejak lulus kuliah tidak ketemu, akhirnya kita ketemuan….bla..bla..bla,…”
Selamat tinggal blog bualan, blog curhatan, ….







Jakarta, 2007
pondokkopi


thanx to seseorang yang telah menginsprasi untuk membuat tulisan-tulisan lagi,selamat ulang tahun bagi yang ultah blognya....) vildee, to pak dwitagama, aldy-opa, dan pak mard.

5 comments:

Anonymous said...

akhirnya bikin blog loe, ...asal jangan nulis nyang guoBLOG yaaahhhh

Anonymous said...

bikin blog biar kalo laptop nya error tulisannya engga ilang kan....

Kemarin ada berapa biji yang tak terselamatkan ? Yang dulu berapa lagi ??

Mangkanya pake VAIO, kecilan dikit

Salam suksess

Anonymous said...

Selamat Bergabung...
Express Your Style..

Anonymous said...

Ozo tulizan Yg curhat2 aza yaccchhh...sing berMuTu , gitchuuu..Okeyy

Anonymous said...

ach..smua masalah mah gmn orang memandangnya. dan cara pandang itu ..beda beda kan? :)

keep writing!